Ngaji Sembari Bersilaturahmi Bersama Kyai Asmawi

Para guru, karyawan, dan komite MAN 3 Blitar mengikuti siraman rohani yang dilaksanakan di Musala Al Firdaus pada Jumat, 5 April 2024. Kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan di bulan Ramadan. Siraman rohani diberikan oleh Dr. KH. Asmawi Mahfudz, M.Ag. selaku pengasuh Ponpes Al Kamal Blitar dengan membaca kitab Ihya’ Ulumuddin sebagai upaya agar seorang pendidik juga ngopeni dirinya selain mengasuh para peserta didik sehari-hari.

Kitab Ihya’ Ulumuddin sendiri merupakan kitab dari Imam Al Ghazali yang membahas tentang keutamaan ilmu. Dengan harapan bisa menghidupkan dan menerapkan ilmu agama dalam setiap lini kehidupan manusia.

“Dengan ilmu manusia mulia karena bisa mengangkat derajatnya dan ilmu itu pula yang menjadikan manusia berbeda dari makhluk yang lain,” tutur Kyai Asmawi saat memberikan siraman rohani menjelang magrib tadi.

Pada kesempatan yang sama pula, Kyai Asmawi berpesan bahwa manusia terutama seorang muslim-muslimah tidak hanya berkewajiban untuk ngaji, tetapi juga mengimplementasikan apa yang didapat ketika ngaji itu ke masyarakat. Hal ini tidak lain dan tidak bukan agar seorang manusia menjadi insan yang berguna.

Di akhir sesi siraman rohani, kepala Madrasah Aripin, S.Pd., M.A. menyimpulkan bahwa untuk menjadi manusia tidak harus terlalu ke kanan (menyerupai malaikat) dan sebaiknya tidak pula terlalu ke kiri (seperti iblis). Menjadi sewajarnya manusia yang baik sesuai keseharusannya.

Acara dilanjutkan dengan buka bersama dan salat tarawih bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat memupuk rasa kekeluargaan warga MAN 3 Blitar sehingga mampu memberikan contoh yang baik untuk para peserta didik. (Lis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *